Skip to main content

Panggilan Harapan - Tsutomu Uematsu | TEDx Sapporo


Halo semuanya..
Selamat siang..
Semoga semuanya dapat menyimak apa yang akan kuceritakan.
Ini adalah cerita tentang “Panggilan Harapan”
Frasa yang dikatakan oleh ibuku saat aku SMP. Maknanya adalah jika kamu berharap akan sesuatu, itu pasti akan datang, akan terwujud. Sungguh penting untuk tidak berputus asa. Senang sekali jika kita bisa berteman dalam pertemuan ini. Semoga kita bisa berteman.


Tsutomu Uematsu dan Perusahaan Space Engineering-nya
Saya lahir 47 tahun yang lalu. Nama saya Tsutomu Uematsu. Lahir di kota bernama Akabira, di tengah Hokkaido. Aku menjalankan perusahaanku sendiri, kami membuat elektromagnet untuk daur ulang sampah dan juga membuat roket. Kami juga membuka space engineering. Kami sekarang mampu untuk membuat dan meluncurkan sebuah roket bahkan meluncurkan sebuah satelit juga.
Percobaan eksperimental ini hanya ada empat di dunia, dan salah satunya ada di Jepang. Alat tersebut bisa membuat kondisi nol gravitasi -sama dengan situasi di luar angkasa.
Kita tidak bisa membeli dimanapun, karena tidak ada orang yang menjualnya, jadi kami mengembangkannya untuk kami sendiri.


Aku lahir 47 tahun yang lalu. Nenekku memberitahu hal yang penting ketika aku masih kecil. Di pulau Sakhalin yang terletak di utara Hokkaido, beliau memulai perusahaan mobil, kerja keras dan menabung sepanjang waktu. Banyak orang berkata bahwa nenekku hidup kaya di sana. Namun pada tahun 1945, tentara Soviet tiba-tiba menyerang Sakhalin. Banyak orang terbunuh. Nenekku menyadari bahwa uangnya menjadi kertas tak bernilai. Beliaupun menasehatiku,”Uang itu hal konyol, karena nilainya akan berubah. Jika kamu punya uang, jangan disimpan, belilah buku. Ingatlah semua yang kau baca. Agar tak ada yang bisa mengambilnya darimu dan buatlah hal-hal baru.”

Pesan nenek

”Uang itu hal konyol, karena nilainya akan berubah. Jika kamu punya uang, jangan disimpan, belilah buku. Ingatlah semua yang kau baca. Agar tak ada yang bisa mengambilnya darimu dan buatlah hal-hal baru.”



Maka jadilah aku seorang anak pencinta toko buku. Aku juga punya kakek yang sangat kucintai, kakekku gagah dan berhati lembut. Kenangan yang paling aku suka dengannya ketika pendaratan Apollo ke bulan. Aku sedang menonton tv bersamanya. Tak pernah kulihat raut wajahnya sebahagia ini. “Lihat! Lihat! Manusia sudah mencapai bulan. Kau juga bisa melakukannya.” Aku tak pernah melihat beliau sebahagia ini. Kuingin melihat senyumnya lagi. Jadi, ketika aku pergi ke toko buku, aku selalu mengambil buku tentang pesawat dan roket. Kakek sering mengusap-usap kepalaku dan memujiku. Akupun bercita-cita bekerja di bidang penerbangan karena aku ingin melihat senyumnya lagi. Kemudian aku sering membaca berbagai macam buku.

Waktu SMP, aku mulai bercita-cita bekerja di bidang penerbangan dan roket. Aku sangat rajin belajar. Namun.. Guruku berkata padaku,” Stop bicara tentang hal-hal imajinasi dan belajarlah untuk ujian.” Aku tetap belajar tentang penerbangan dan roket, namun PR-ku terbengkalai. Tak pernah kupedulikan. Lagi-lagi, dia berkata padaku,” Tidak mungkin memulai hal-hal space engineering kecuali kamu sangat pintar. Dan itu sangat mahal. Jadi kamu tidak bisa.” Aku sangat sedih. Dan aku mulai mempertanyakan diriku, “Apa itu mimpi?”, “Apakah kita cuma diperbolehkan memimpikan hal-hal yang bisa kita raih?” Akupun penasaran,”Siapa yang bisa menentukan kita bisa atau tidak? Bahkan tidak ada yang tahu jika kita tidak mencoba, anehnya, orang-orang menilai tanpa pernah mencoba. Haruskah kita mengejar cita-cita yang tidak bisa kita raih sekarang?”

Harus, kurasa.

Tapi mereka tetap tidak setuju. Banyak orang dewasa menakut-nakutiku dengan “Kalau kamu tidak rajin belajar, kamu tidak bisa masuk ke sekolah yang bagus dan pekerjaan. Itu bakal sulit bagimu!”
Aku tidak begitu bagus di sekolah. Akupun khawatir dan bertanya ke mereka,”Apa perusahaan yang bagus untukku bekerja?” “Perusahaan mapan untuk kita mencari uang dengan mudah adalah perusahaan yang bagus.” Aku bingung. Semakin kita belajar semakin kita pandai, maka dari itu aku diharuskan untuk belajar, namun bukan untuk memiliki kemampuan sebanyak-banyaknya, tapi bekerja tanpa kesusahan. Jadi aku berpikir,” Aku tidak harus sekolah, kan?”

Tapi jika kita punya banyak uang, banyak hal bagus yang bisa kita peroleh. Contohnya... 
Ternyata bukan mobilnya! Haha
Mobil keren ini! [tepuk tangan] Ini bukan punyaku. Ini mobil orang lain! [haha]
Bisakah kita punya mobil ini karena kita kaya? Tidak semuanya benar, kan? Kita bisa punya mobil ini dengan membayar uang karena seseorang bekerja keras untuk membuatnya. Karena ada orang lain yang melakukan penelitian, berusaha untuk membuat hal yang lebih baik dan menjualnya untukmu, kamu bisa membelinya. Nyatanya, uang tidaklah spesial. Sesuatu yang membutuhkan uang atau Sesuatu yang tak mungkin tanpa uang adalah yang berharga, hanya yang ditawarkan seseorang untukmu. Itulah yang kamu impikan. Dan semakin kita tidak bisa mendapatkan sesuatu, kita semakin butuh orang yang mendapatkan sesuatu itu. Jadi kamu akan butuh uang dan uang untuk hidup.

Mungkin hal yang penting bagi kita untuk hidup adalah mampu melakukan apa yang kita tak bisa sebelumnya. Aku percaya bahwa impian adalah tentang meraih apa yang belum kita lakukan sekarang. Aku sangat senang mengejar hal-hal yang kusukai. Namun tak ada seorang pun yang memahamiku. Temanku, guruku, bahkan orang tuaku tidak. “Kamu yakin melakukan hal itu?” “Memangnya penting?” “Kamu cuma pengin pamer, kan?” Aku jadi tak punya teman. Aku tidak bisa berbagi hal yang kusenangi dengan orang lain. Namun aku punya orang yang mendukungku. Mereka ada di dalam buku. Mereka adalah Wright Bersaudara dan Edison. Sama sepertiku, tak ada yang memahami mereka juga. Bagaimanapun, mereka tetap berusaha yang terbaik. Merekalah yang menyelamatkanku, maka dari itu aku tidak menyerah. Aku semakin menyukai hobiku dan mengembangkan kemampuanku lebih banyak. Dan kemudian aku mendirikan perusahaan untuk membuat elektromagnet untuk daur ulang.
Itu adalah kali pertama aku menjalankan perusahaan dan sukses. [haha] [tepuk tangan] Penjualan tahunan kami meningkat hampir sepuluh kali lipat. Aku menjadi sombong dan jadilah sebuah kegagalan besar. [haha] Aku terlilit hutang sebesar 200 juta yen, aku merasa ini semua salahku dan aku berpikir aku harus mengatur segalanya sendirian. Aku khawatir. Aku menyalahkan diriku sendiri. Setelah itu, aku berdagang ke seluruh Jepang dan hanya mendapat pengalaman buruk. Jadi setiap aku naik pesawat, aku berdoa memohon agar pesawatnya jatuh, tapi pesawatnya selalu selamat. Kemudian aku menjadi orang yang kejam dan jahat. Aku mencurangi pesaing-pesaingku. Aku tak pernah memikirkan bagaimana keluarga mereka. Aku tak percaya siapapun. Aku sendirian. Aku melihat semuanya hanya menggunakan akal. Dan akhirnya, aku berpikir aku mengusir semua apa yang baik kepadaku. Tapi pada saat itu, karena perusahaanku sedang susah dan berbagai orang di Jepang memberiku saran. “Kamu mungkin pengin bergabung Junior Chamber International. Itu akan meningkatkan keuntunganmu.” Jadi dengan niat jahat aku bergabung dengan JCI. (hahah) Tapi ternyata hal itu tidak menguntungkan. (haha) Namun, aku mendapat kesempatan untuk bertemu orang baru dan mengagumkan disana. Aku mendapatkan teman.

Salah satu dari mereka menawarkanku untuk menjadi relawan di salah satu panti asuhan. Walaupun kami hanya berpikir untuk gaji, hal itu berubah ketika aku berjumpa dengan anak kecil yang mendapat kekerasan dari orang tuanya. Tak ada yang berani mendekat kepada kami awalnya. Setelah kita mencoba untuk bermain bersama anak-anak, saat kita akan pulang, mereka berkata “Jangan pergi..” Mereka ingin lebih banyak bermain dengan kami. Seorang anak kecil menceritakan impiannya.. ingin tinggal bersama orang tuanya lagi. Aku tak menyangkanya. Aku penasaran mengapa dia masih sayang kepada ortunya yang berlaku kasar padanya. Aku pikir aku tak bisa melakukan hal baik kepadanya. Meski aku memberinya uang atau mengadopsinya. Itu tidak menyelesaikan apapun. Karena dia masih sayang kepada ortunya. Aku penasaran kenapa hal seperti ini ada dan apa gunanya aku mencari uang sampai berusaha mengalahkan yang lain. Aku jadi bingung. Berbagai hal berkecamuk di dalam kepalaku.

Kemudian aku membuka kembali kenangan yang sudah tertutup. Setelah aku masuk SD, aku sangat dibenci oleh guru kelasku. Apa yang aku pikir tentang kehidupan dan yang nenekku sampaikan, guruku bilang itu semua tidak mungkin.  “Kamu tak akan pernah meraih cita-citamu” katanya berkali-kali. Kakekku mengusap-usap kepalaku, sebaliknya guruku memukulku terus dan terus. Walaupun sangat menyakitkan bagiku, tak ada orang yang menolongku. Aku ingat apa yang dia katakan. Dia selalu bilang “Itu tidak mungkin.” Itu adalah kata-kata yang jahat, kupikir. Ini adalah frase yang sangat buruk. Untuk mengkerdilkan semangat dan kemungkinan kita. Tapi itu juga merupakan kata-kata yang gampang diucapkan. Kata-kata ini adalah alasan yang bagus untuk tak melakukan apapun. Mereka yang dipaksa untuk menyerah dengan masa depannya dengan kata-kata ini akan kehilangan percaya dirinya.
Kita akan mati tanpa percaya diri, apapun alasannya. Jadi sebagian mereka yang kehilangan percaya diri mulai membeli kepercayaan diri dengan uang dan mereka akan menyombongkan diri dengan hal itu dan memandang rendah orang lain. Dan karena mereka tidak suka akan kesuksesan orang lain, sebagian dari mereka menghalangi usaha orang lain. Kalian mungkin kenal orang semacam itu di sekitarmu. Mereka yang miskin dan tak punya percaya diri. Supaya menjaganya, mereka tak ada pilihan lain kecuali merebut kepercayaan diri orang lain.

Sebagai tambahan, perusahaan kami punya pengunjung dari Afrika. Kita saling bercerita tentang banyak hal. “Aku tak berguna walaupun aku belajar dan berusaha keras” pun juga terjadi di sana. Orang seperti itulah yang menyerah pada mimpi dan peluang mereka kemudian mulai membunuh dan merampas mimpi orang lain. Karena mereka tidak berusaha yang terbaik dan tidak menciptakan hal baru, pilihan mereka hanya merampas. Kadang-kadang menggunakan kekerasan. Mereka juga berdusta, pura-pura lemah dan mencurangi orang lain. Tapi jika kita semua saling mencuri, masyarakat kita akan stagnan.

Jadi aku menyadari kengerian dari berkata “tidak mungkin.” Manusia lahir tanpa mengenal kata-kata itu. Lalu kapan kita mengenal hal itu? Aku penasaran apakah langit yang mengajarkan perkataan itu. Langit yang sangat indah, kita semua memandanginya paling tidak sekali dalam masa kecil kita. Tapi apakah kalian berpikir bahwa kalian bisa menjadi ahli space engineering?  Coba pikirkan hal itu, hal itu memerlukan banyak sekali biaya kecuali kamu sangat cerdas? Dan apakah kamu yakin betul hanyalah negara yang bisa melakukan hal itu? Siapa yang mengajarimu hal itu? Yakni adalah orang yang tidak pernah mencoba yang mengajarimu hal-hal semacam itu. Mereka yang memberitahu kita alasan tak bertanggungjawab agar tak melakukan hal itu. Itu yang membuat kita bingung untuk memutuskan apa yang harus kita lakukan dan apa yang bisa kita lakukan.
Jadi aku memutuskan untuk menghilangkan kata “tidak mungkin” jika hal itu dihapus, maka penindasan, kekerasan, dan perang akan hilang  juga. Aku juga berharap bahwa kekerasan pada anak juga dapat terhapuskan. Itulah sebabnya aku memulai teknik luar angkasa yang semua orang bilang “tidak mungkin".

Aku tahu bahwa tidak baik untuk membuat roket, karena berbahaya. Aku sempat menyerah. Tapi Tuhan menolongku. Tuhan mempertemukanku dengan Prof. Nagata dari Universitas Hokkaido. Anehnya, dia juga membuat penelitian tentang roket yang aman. Anehnya lagi, dia juga akan menyerah karena tak memiliki cukup uang. Aku tak punya uang tapi aku punya kemampuan. Dan dua orang ini pun bertemu. Sejak itu, aku mulai menyadari bahwa ada arti dalam bertemu dengan orang-orang. Tuhan menggiringmu untuk bertemu dengan orang yang kau butuhkan. Makanya aku percaya bahwa semua orang yang kujumpai hari ini karena Tuhan. Prof. Nagata dan aku saling membantu karena kita bukanlah orang yang sempurna.

Sejujurnya, Kita bisa saling membantu sesama karena setiap dari kita tak mempunyai apapun. Kalau kita sempurna, kita tak akan butuh pertolongan orang lain. Karena kita tak sempurna, kita bisa saling menolong. Maka dari itu kita harusnya tidak boleh menertawakan orang yang tidak sempurna. Kita juga tak perlu malu dengan diri kita. Hal penting lainnya, tidak perlu menyalahkan diri kita seperti “aku tidak bisa melakukan hal ini dengan baik.” Sebenarnya, menjadi tidak sempurna adalah lebih baik daripada tidak melakukan apapun atau tak bisa melakukan apapun. Lebih baik mencoba daripada tidak. Jadi aku tidak menyalahkan diriku atau berpikir buruk tentang diriku karena aku punya kelemahan. Aku hanya perlu melakukan hal yang mampu kulakukan.

Dengan saling bahu-membahu, kami bisa mengerjakan teknik luar angkasa. Banyak peneliti yang mengunjungi perusahaanku untuk eksperiman dan penelitian. Dan kurang lebih 10.000 anak-anak mengunjungi perusahaanku setiap tahunnya melalui karyawisata. Jujur, perusahaanku hanya memiliki 17 karyawan :D . Cukup menyusahkan. Aku berharap sebanyak mungkin anak-anak tidak dirampas kesempatannya. Aku percaya bahwa masyarakat akan meningkat jika “tidak mungkin” dihilangkan. Tapi ada keterbatasan tentang apa yang bisa aku lakukan,aku butuh teman. Mimpi ini mungkin takkan terwujud dalam hidupku. Karena itu aku ingin kalian membantuku,  dari sekarang, jika kamu mendengar “tidak mungkin” tolong katakan “kenapa kamu tidak mencoba saja?” terima kasih terhadap frase sederhana ini, “ngga mungkin” akan menghilang  dan penindasan dan kekerasan akan hilang dari dunia ini. Jadi aku meminta bantuan kalian.

Tentang pendidikan formal. Kita mendedikasikan diri kita untuk belajar. Jadi, apakah pendidikan formal hanya tentang kelulusan saja? Ini sangat salah. Pendidikan adalah apa yang manusia ciptakan untuk menyelesaikan problema sosial. Itu adalah hal yang sangat kita upayakan. Jadi apa itu pendidikan? Yakni memberi ilmu manual bagaimana cara untuk hidup. Mengajarkan bagaimana cara menghindari kegagalan? Itu sangat salah. Pendidikan adalah mempersilahkan anak-anak memiliki pengalaman gagal dengan aman yang tak akan membunuh mereka. Tapi entah kenapa, ini semuanya berjalan tak semestinya. Alasannya adalah bahwa disana banyak orang dewasa yang menganggap kegagalan itu buruk. Orang yang mengambil kepekaan kita tentang kemungkinan dan kepercayaan diri.

Tapi ini semua akan baik-baik saja. Agar membuat Jepang dan dunia lebih baik di masa depan, kita butuh orang yang mau berusaha melakukan apa yang mereka belum pernah lakukan, yang tak menyerah dan mau mencoba cara-cara lain. Mereka yang tidak dipecundangi dengan “tidak mungkin bisa”. Siapakah orang yang seperti itu? Jawabannya adalah kalian semua. Semua orang seperti itu. Karena semua orang pernah mengalami masa kecil, pasti. Ingatlah masa kecil kalian. Saat kita kecil, jika melihat sebuah tombol, maka kita pengin memencetnya. Jika ada pegangan pintu, kita ingin memegangnya. Dan kita mendapat larangan, "Stop!, "Jangan!".

Faktanya, saat kita terlahir, tidak ada orang yang tahu cara untuk menyerah. Kita lahir tanpa pengetahuan untuk menyerah. Tapi mungkin kita mempelajarinya sejak kecil. Hanya ada satu cara pasti bagi kita untuk mengambil lagi kepercayaan diri kita. Mencoba apa yang belum pernah kita lakukan. Memperoleh sesuatu yang belum pernah kamu lakukan pasti akan menambah kepercayaan dirimu. Jadi cobalah. Jika kamu mencoba hal baru, kamu mungkin tidak langsung sukses. Lihatlah video percobaanku ini.
Roket percobaan yang gagal
Roketnya terbang dengan indah. Tidak, roket itu jatuh kebawah (hahaha) lalu apa yang kita lakukan sekarang? Membuang kontroler dan lari (hahah) saat ini, tidak ada seorang pun yang lari seperti yang kalian lihat. Video ini menunjukkan bahwa jika kamu merasa bahaya, tak apa untuk lari. (tepuk tangan) . Pengalamanku mengajarkanku bahwa orang yang tekun, ramah, dan bertanggung jawab akan cepat mati. Aku tak ingin seperti itu.


Aku ingin semua orang tetap hidup. Jadi jika kamu merasa bahaya, sama sekali tidak apa-apa untuk lari. Tapi setelah itu, jika kamu gagal, lari, dan menyerah, tolong jangan salahkan dirimu. Jangan merasa sedih. Kamu tak boleh seperti itu. Tapi di situasi seperti itu, kamu akan merasa terluka, menyesal, frustrasi, sedih, dan malu. Luapan emosi dapat mengerikan. Tapi jika kamu emosi yang komplek seperti itu, berkata lah “aku sedang berkembang!” Maka kamu akan dapat meninggalkan yang sudah berlalu. Jadi cobalah untuk berkata seperti itu.

Kita hanya punya satu nyawa. Kita hanya hidup satu kali, tanpa latihan. Jadi buat apa kita hidup? Berpikirlah seperti ini. Kegagalan adalah batu pijakan menuju sukses. Karena kita berada di pentas tanpa latihan, sangat wajar jika gagal. Aku berharap kalian menganggap kegagalan sebagai sebuah pembelajaran dan melupakannya. Lagian, kita tidak dilahirkan untuk meminta bantuan atau untuk menyerah. Kita tidak lahir untuk hal seperti itu. Kita lahir untuk menyelamatkan dunia.
Menyelamatkan dunia itu mudah. Jika semua orang tidak memandang rendah dirinya sendiri, dunia akan selamat. Ini adalah cara kita menyelamatkan dunia yang dapat dilakukan mulai dari sekarang. Jangan berpikir “aku tidak mampu”. Apa yang kita lakukan sejak hari ini adaalh bukan mencari alasan kenapa kita tidak bisa melakukannya. Alih-alih, berpikirlah dan cari alasan mengapa kita mampu melakukannya. Hanya dengan cara itu dunia akan lebih baik.

Cerita panjangku sudah hampir selesai. Aku cinta pesawat dan roket sejak kecil. Namun orang yang tanpa pengalaman memberitahukanku berkali-kali “mimpimu tidak mungkin” namun ibuku berkata bahwa “harapan memanggilmu”. Aku tidak berhenti berharap, itulah yang mebuat mimpiku menjadi mungkin. Jadi aku yakin bahwa penting untuk tidak kehilangan harapan.

Sebelum aku menyelesaikan ceritaku, aku ingin memberi satu frase yang akan membuat mipimu menjadi nyata. “Cobalah cara ini dan mimpimu akan terwujud”. Bayangkan kamu berbicara kepada seseorang tentang mimpimu, jika orang itu berkata “ itu tidak mungkin” kamu akan kehilangan semangat tapi jika kamu bilang “Coba gunakan cara ini.", " Aku pernah lihat buku yang mungkin dapat membantu” atau “Aku pernah melihat acara tv yang mungkin bisa menginspirasimu” itu akan lebih menyemangatimu. Dan itu pasti sangat menyenangkan. Jadi jika kamu berbicara tentang impian kepada seseorang, dan katakan kepadanya “Coba saja” mimpi semua orang akan terwujud. Semua orang akan terkenal, keren ngga sih? Aku harap frase “Coba saja” akan menyebar ke seluruh dunia. Dan aku percaya bahwa “tidak mungkin” akan menghilang. Mungkin hal ini daat bermakna bagi pertemuanmu hari ini. Aku akan tetap berusaha sebaik mungkin. Karena kau dan aku berbagi waktu yang berharga bersama, aku harap kita bisa berteman selamanya. Terima kasih



Tulisan ini diambil dari materi Tsutomu Uematsu dalam acara TEDx Sapporo dengan translate manual.

Comments

Popular posts from this blog

buat kamu, dari gumamanku.

Aku ngga ngerti aja sama kamu yang sekarang. Self-centered abis. Like, this world is yours. And anything should like you want to be. Okay, everyone's changed. But not like this. You've turn to skeptical. And somehow i cant walk with you across this path. You choose your own pathetic life. You said you dont need S.O, you said you can stand by yourself, only yourself. You said women should be brave, no drama, and best way to live like that is to be single person. Whatevs. Once i drown on your drama-ocean. I felt you still same person; cute, do simple life, kind, lovely person. But no. Kamu nanggung. Bahkan dihal yang bener-bener kamu suka aja kamu ngga sepenuhnya into it. Aku ngeliat kamu orang yang ngga jelas lagi ngapain dan mau ngapain. I love you with all my heart, was. Tapi apa gunanya sih cinta sama orang yang ngga cinta sama kita? Platonic-love? That myth: kalo kita tetep nunjukin sayang kita, nanti dia juga bakal sadar dan sayang kita balik? No. Itu cuma rom-com. &qu

Tips Twitter: Cari Tweets Jaman Dulu

Siang yang nganggur ini dihabiskan dengan sekrol-sekrol tweets sendiri sampe bawah-bawah-bawaaahhh bangeeet, sampe pegel jempolnya. Penasaran sama tweets lama. Atau kalian pernah kepo tweets gebetan, pacar, atau mantan untuk jadi bahan gosip atau modal pedekate atau modal balen? ya terserah lah. Btw, tau nggak sih kalo twitter pnya search tools bawaan yang spesifik ke tanggal yang kita penginin? Jadi kalian bisa cari tweets kalian bulan lalu, tahun lalu, atau tweet pertamamu! Kalian bisa cari tweets siapa aja kecuali yang akunnya digembok. Jadi caranya gini.. Buka twitter.com dan menuju ke papan pencarian (search bar): Ketik seperti contoh dibawah ini tapi sesuai dengan username tujuan kepo dan tanggal pencarian: from:username since:yyyy-mm-dd until:yyyy-mm-dd Jadi. buat contoh, aku mau cari tweetsnya dek  +Nabilah Ratna Ayu Azalia  @nabilahJKT48 from:nabilahJKT48 since:2012-08-12 until:2012-08-29 Hal ini bakal nunjukin tweets sesuai date range - tapi inget, defaul

ingatan seperti gajah

nah nah nah naaahhh~ kali ini diputuskan untuk niat nulis curhatan di blog yang udah lama banget ga update :)) dari kemaren emang ada aja alasan buat ga jadi nulis, dari ga ada waktu sampai ga ada materi yang pas buat ditulis hehe sore ini sempet kaget sekaget kagetnya sampe bingung mau ngomong apa gara gara chat whatsapp yg masuk. ga ada angin ga ada ujan tiba tiba ada yang ngebahas kamu lagi. udaaahhh lamaaaa buaaangettt kita ni ga chat, apalagi ketemu. terakhir ketemu juga kapan ya.. lupa deh. oiya tulisan ini sedikit bahas kamu, ga sedikit juga sih, tapi ya ga banyak banyak juga~ mumpung masih inget dan pengen nulis. --- ada hal yang paling aku kagum dan aku takut ke kamu: 1. kamu gampaaangg banget akrab dan deket sama orang yang baru kamu kenal 2. kamu inget hal hal kecil jaman dulu entah kenapa ya. kamu kenapaaa sihh tiba tiba bahas aku lagi? :)) ngeri ngeri sedap wey :)) takut akutu~ kamu itu orang yang paling bisa buka obrolan dan kenal sama orang. itu keren. tapi leb