Skip to main content

Enaknya Makan Sendirian

"Emang enak ya makan sendirian gitu?"
"Aku ngga pernah sih makan sendirian.. ya jarang lah.. seringan kalo makan pasti sama temen.."



Kalo kalian makan biasanya sama temen atau sendirian? Aku kok ngrasa ternyata ngga banyak juga ya orang yang makan sendirian, kayak aku :|

Makan itu merupakan hal yang esensial. Bahkan makan itu adalah kegiatan yang kita lakukan sebelum bernafas, di kandungan ibu, kita udah makan duluan sebelum paru-paru terbentuk. Makan adalah salah satu hal yang paling terpenting di tahun-tahun pertama kita. Entah bentuknya ASI atau makanan halus. Bahkan sampe kita udah mimpi basah dan atau menstruasi, si Emak ngga bosen bosennya ngingetin udah makan apa belom. Buat temen-temen yang kuliah merantau, pertanyaan makan apa, makannya gimana, ngga mungkin terlewat pas nelpon orang tua di rumah.

Ya balik lagi masalah makan sendirian. Ternyata aktivitas makan sendirian itu cukup meningkat lho di Amerika, sesuai riset salah satu apps layan pesan makan, Opentables. Amerika gitu, makan sendirian aja pake mesen. Aku salah satu orang yang lebih sering makan sendirian dibanding ada temennya. Ya, mungkin "itu kan karena kamu jomblo" atau "kalo punya pacar mah pasti jelas ada yang diajakin makan bareng". Mmm.. ngga juga, pacaran yang keseringan makan bareng itu cuman ada dua, pacarnya tinggal bareng/kerja satu kantor/sekampus atau pacarnya kerjaannya cuman nemenin makan. Entah.


1. Makan sendiri itu ngga repot



Selain pertanyaan siapa dan dimana Dipa Nusantara Aidit dieksekusi oleh Orde Baru, pertanyaan makan dimana nih? adalah salah satu pertanyaan yang jawabannya selalu berubah-ubah, nisbi. Setiap mau makan, pertanyaan ini perlu dibahas serius dan memerlukan argumen-argumen kokoh. Lebih repot daripada Rapat Sisa Hasil Usaha di Koperasi UD Tani Makmur. Startup aplikasi kuliner pun belum bisa menjawab pertanyaan ini, alih-alih memberikan jawaban pasti, aplikasi kuliner hanya membikin fraksi-fraksi dalam rapat semakin banyak. Coba makan sendirian, pengen makan apa, langsung berangkat ke tempat makannya. Ngga pake musyawarah mufakat.

2. Makan sendirian adalah bentuk swasembada yang paling riil



Apa yang lebih menyenangkan daripada memenuhi kebutuhan primer kita? Makan sendirian adalah jawabannya. Menghabiskan waktu bersama orang terhebat sejagat raya bisa kamu lakukan dengan khidmat. Ya, kamu itu orangnya. Siapa lagi.Tak butuh orang lain. Hanya kamu dan dirimu. Ini momenmu, lepas semua penat dan rasa lapar. Ini perayaan kemenanganmu.

3. Ngga perlu basa-basi



Ngerumpi adalah hal yang ngga mungkin dihindari kalau kamu makan berjamaah. Kamu ngga perlu menghabiskan waktu buat mikir membuka pembicaraan yang asyik. Kamu ngga perlu harus tau masalah dan cerita teman makanmu. Bukan urusanmu juga.


4. Lebih fokus sama makananmu



Kamu bisa menikmati makananmu dengan maksimal. Semau kamu! Kamu boleh pesan apa saja! Makan bareng-bareng? Pake acara "kalian pesen apa? aku sama aja deh!" masih jaman? Mau mesen yang enak-enak takut dibilang gendut? Mau mesen yang agak mahalan takut dikira ngga "umum". Makan sendiri itu bebas, kamu bisa pesan makanan yang kamu suka. Mau makan pake tangan? Pake sumpit? Pake perasaan galau? Boleeeeehhh. Ngga perlu malu. 


5. Jadi salah satu waktu meditasi


Makan sendirian berarti menyediakan waktu yang speenuhnya milikmu. Kamu bisa baca buku, bisa cek socmed pacar, temen kantor, temen kuliah, mantan pun, reschedule agenda yang banyak, bikin notes belanjaan. Dengan makan sendirian kamu ngga perlu menyamakan ritme makan sama temenmu, bisa lebih santai dan menjadi ajang kontemplasi. Apa hari ini ada yang salah? Apa yang kurang produktif hari ini? Besok mau ngapain aja? Bisa kita bahas sama diri kita sendiri, hati kita sendiri. 

Nikmatilah kesendirian kalian saat makan. Bebas bosque~

Comments

Popular posts from this blog

Life Achievement Unlock: Naptol Jeans Sendiri

Apakah celana jeans anda sangat rebel dan punk sehingga warna tampak mbladus (baca: pudar)? Apakah hal itu menyebabkan pergaulan sosial anda menurun? tidak punya teman, tidak punya pacar, tidak bisa menjalin hubungan yang lebih intim?

Naptol solusinya!

Naptol jeans adalah mewarnai ulang jeans anda dengan teknik celup-rebus (teknik ini saya patenkan, catat). jika ingin praktis maka saudara hanya perlu datang ke tukang jahit untuk minta naptol jeans, tapi tidak semua tukang jahit mau sih, atau dibawa ke tukang naptol. silahkan cari didaerah anda.

Namun, salah satu pencapaian hidup adalah bisa menaptol celana jeans sendiri, maka dari itu saya menaptol celana jeans saya sendiri beberapa hari yang lalu. Saudara ingin mencoba? Nah, saya share disini cara-caranya dengan pengalaman saya sendiri yang sudah berkecimpung di dunia per naptolan selama.... 2 hari. (okay)

Persiapkan alat dan bahan:
- Celana jeans yang ingin di naptol, sudah dicuci bersih.
- Serbuk wantex (beli di pasar atau di toko…

Ih Nggak Logis! - Mencari Pengertian Kata: Logis

"Ih kamu nggak logis!""Mbok ya sing logis kalo ngomong tu.."
Tadi malam saya melihat beberapa update status di facebook dan twitter yang mengandung kata "ga logis". Lalu pagi ini saya mencoba mencari beberapa pengertian "logis" dari internet. Apakah "logis" sama dengan "masuk akal"? lalu.. "akal" sendiri apa sih?
Mari kita lihat beberapa definisi makna kata tersebut dari blog lain atau dari laman pencarian definisi populer, Wikipedia.

---
Definisi 'logis'
Indonesian to Indonesian adjective 1. sesuai dng logika; benar menurut penalaran; masuk akal source: kbbi3
sumber: http://artikata.com/arti-338770-logis.html
---
Berpikir Logis
                Berpikir secara logis adalah suatu proses berpikir dengan menggunakan logika, rasional  dan masuk akal. Secara etymologis logika berasal dari kata logos yang mempunyai dua arti 1) pemikiran 2) kata-kata. Jadi logika adalah ilmu yang mengkaji pemikiran. Karena pemikiran selalu die…