Saturday, 18 June 2016

buat kamu, dari gumamanku.



Aku ngga ngerti aja sama kamu yang sekarang. Self-centered abis. Like, this world is yours. And anything should like you want to be. Okay, everyone's changed. But not like this. You've turn to skeptical. And somehow i cant walk with you across this path. You choose your own pathetic life. You said you dont need S.O, you said you can stand by yourself, only yourself. You said women should be brave, no drama, and best way to live like that is to be single person. Whatevs.
Once i drown on your drama-ocean. I felt you still same person; cute, do simple life, kind, lovely person. But no. Kamu nanggung. Bahkan dihal yang bener-bener kamu suka aja kamu ngga sepenuhnya into it. Aku ngeliat kamu orang yang ngga jelas lagi ngapain dan mau ngapain. I love you with all my heart, was. Tapi apa gunanya sih cinta sama orang yang ngga cinta sama kita? Platonic-love? That myth: kalo kita tetep nunjukin sayang kita, nanti dia juga bakal sadar dan sayang kita balik? No. Itu cuma rom-com.
"Jadi kamu cuma suka sama orang yang suka kamu juga?"
"Ya. Karena jatuh cinta ngga sebercanda itu, kata quote Sujiwo Tejo di Twitter yang bener apa engga"
"Kalo dia sayang sama kamu cuman ngga bilang aja sama kamu?"
"Kenapa ngga bilang? Btw, toh kita bisa nilai orang itu sayang sama kita dari sikapnya"

Sedihnya, kamu membatasi hubungan kita. Aku ngga ngerti kamu bilang gitu. Tapi kedepannya, kalo things not happen like you want to be, dont blame anyone, except yourself. You said- lebih tepatnya remind me, to  stay outside border. And i know, if i go thru that border, and get hurt, itu sepenuhnya salahku. Karena kamu udah ngingetin aku.
Tapi, lucunya disini: Kamu bikin batasan itu, kamu ngingetin aku tentang batasan itu. Tapi kamu boleh seliwar-seliwer kaya ngga peduli kalo ada batasan itu. Kamu boleh di luar, kamu boleh di dalem, dan kamu juga boleh di tengah-tengah garis batas. Hahaha that's fun! :D
Satu saat kamu narik aku ke dalam circle, kita jatuh cinta, aku tenggelam lagi. Saat yang lain kamu push me out of border sambil bilang "Hey.. inget.. kamu jangan sampe nglewatin batas ya..". Kamu sebebas itu milihin peran buat aku, like ur brother, ur besties, ur old friends, ur partner in crime, ur private teacher, ur.. ah.. whatevs do you like. But me.. just one option. That option only.

Dan aku ngrasa capek aja.. ngrasa jadi kudu ngebahagiain kamu terus, kudu bikin kamu seneng terus.. tanpa mikirin diriku sendiri. Yang penting kamu happy. Padahal.. aku juga pengin seneng, pengen disayang, pengen dapet perhatian, dan pengen  in relationship yang sehat dan equal, ngga timpang kayak gini. Ooo.. tapi jelas.. Milady.. kamu ngga perlu mikirin perasaan aku dan orang lain.. Kamu cukup beranalogi kalau kamu bahagia, semua orang juga bahagia. Kalo kamu bisa ketawa, orang lain juga ketawa.
Jadi daripada aku kehabisan nafas di tengah-tengah lautan.. aku mending balik lagi ke daratan. Bukan karena ngga berani, atau sehina- cari pelarian.

Aku cuma ngga pengen aku salah ngejar kebahagiaan semu. Yang sebenernya ngga ada batasannya. And worst case nya sih, tetiba kamu ketemu orang lain yang kamu kira bisa lebih ngebahagiain kamu, dan you left me in the middle of gurun harapan.. sendirian.. dan.. ya, yang salah adalah aku, karena expect to much to our relationship. expect to much to having you. again.

Sunday, 12 June 2016

Heh Orang yang Nggak Puasa


Sambil nungguin siang yang panas banget ini mending nulis-nulis dikit. Jadi gini.. kemarin kemarin ini banyak yang ngeributin masalah razia warung makan yang tetep berjualan pas bulan puasa. Aku jadi pengin nulis hal-hal yang sering dilakukan orang ngga puasa, atau orang yang batal puasa, yang bikin orang lain kesel dan ngerasa ngeganggu. Orang-orang yang kayak gini biasanya malah orang yang beragama islam sendiri nih kebanyakan.

1. Pamer


Sering banget di media sosial orang pameer masalah ke-engga puasa-annya. Pamer foto es teh, makanan yang pedes, pamer minuman enak. ini lho yang bikin orang-orang agak emosi, mbok yaudah kalo kalian makan siang atau bersantap ria nggausah pake bikin iri yang puasa gitu lho. Makan ya makan aja. ngga perlu dunia tahu kalo kamu ngga puasa. Terus ya, orang-orang gini nih ngerasa batal puasa atau ngga puasa itu hal yang keren dan sebuah pencapaian hidup yang perlu dirayakan.. yawla, gak mz. kamu malah kayak keliatan orang norak dan lemah iman.

2. Ngajakin yang lain buat batal

Ada lagi tuh orang-orang yang ga puasa terus ngajakin yang puasa buat batal. Plis deh. katanya minta orang yang berpuasa untuk juga menghormati yang ngga puasa.. kok kalian malah jadi setan gitu? kalo makan ya makan aja sendiri, atau ngajakin yang pasti engga puasa, bukan malah ngajakin yang pengin beribadah dong! lagi-lagi yang kayak gini biasanya yang beragama islam sendiri kebanyakan, ngerasa asik dan seru gitu kalo batal puasa berjamaah. yang non-muslim ngga ada tuh yang se-rese' itu ngajakin batal temennya yang puasa, malah biasanya lebih menghormati dan makan di tempat yang ngga terlalu ramai.

3. Biasa aja dan anggap seperti hari biasa

Buat kalian yang ngga puasa dan mungkin pengin batal puasa, ngga usah terlalu drama berlebihan deh. anggap aja seperti hari biasa dan makan minum seperti hari-hari lainnya. Toh temen-temen kita yang puasa juga bakalan ngerti dan sebisa mungkin menjaga keinginannya buat makan dan minum kalo ketemu kita pas lagi makan. Kalo siang-siang haus dan pengin minum yaudah minum aja ngga perlu posting di path. Jangan malah ngerasa kamu perlu ngegangguin orang yang lagi puasa.



Hal-hal yang ngga penting dan ngeganggu suasana puasa biasanya malah dilakuin sama orang yang katanya islam sendiri lho, justru yang non-muslim sudah sadar dan paham bahwa bulan ramadhan adalah bulan ibadah khusus umat islam yang perlu dihormati dan dirayakan bersama. Bulan ramadhan adalah bulan melatih toleransi kita, baik yang berpuasa maupun tidak. bukan malah pamer-pameran dan saling melarang. yuk jalani bulan ramadhan dengan asyik dan saling toleransi! ^^