Tuesday, 29 July 2014

Menyedihkan.

Menyedihkan.

Ketika dirimu berbincang dengan orang dekat yang sudah lama tidak berjumpa, tapi tersadar dirinya tidak menanggapimu baik dan mendorongmu ke titik dimana kamu menyadari semua telah berubah dan lebih baik melepaskannya.
Orang datang dan pergi.
Dan sedihnya.
Bahkan orang yang kamu anggap tidak akan pernah hilang.

Friday, 4 July 2014

#TipsPleong: 4 Hal Yang Bisa Dipamerin Pas BukBer

Masuk bulan puasa berarti masuk bulan yang penuh acara buka bersama. Entah itu ada dasar haditsnya atau engga, kaum mana yang memulai tradisi itu, sejak kapan tradisi itu ada, saya juga gatau. Mungkin jaman dulu memang tradisi berbuka bersama sudah ada ya, tapi untuk secara resmi dihebohkan dan diwajibkan jadi acara tahunan, mungkin baru-baru aja. Saya rasa jaman Laksamana Cheng Ho dulu belum ada kehebohan seperti ini.

Acara buka bersama selain sebagai ajang reunian, kangen-kangenan, dan menyambung kembali komunikasi yang sudah renggang bahkan putus.. bisa juga jadi acara pamer-pameran.. entah secara halus, tersembunyi, atau blak-blakan. Dan saya rasa ajang buka bersama memfasilitasi ini dengan baik dengan kemasan relijius yang semu. Pamer tidak salah sih, kalau ada yang dipamerin, tapi buat orang yang biasa-biasa aja,buka bersama bisa jadi acara yang membosankan, tidak penting, bahkan menakutkan, karena selain menyiapkan pakaian yang kira-kira sederhana tapi keliatan mahal dan nyaman dipakai, kita harus menyiapkan beberapa paragraf cerita untuk dibagikan kepada teman-teman lama, yang tentunya berisi pengalaman dan pencapaian sederhana tapi menimbulkan kekaguman atas kehebatan kita.

Kalau kamu bingung mau cerita pamer apa untuk buka bersama dengan teman lama, disini akan saya bantu pilihkan beberapa bahan pengalaman yang mungkin bisa kamu pamerkan, tentunya dengan bahasa yang sederhana dan merendah, sehingga tidak dianggap sombong hehe.

1. akademis

cerita tentang kampus kamu yang sekarang dengan segala problematika dan lika-likunya adalah hal yang paling umum dan jitu untuk pamer. Bisa cerita tentang IP kamu yang bagus padahal ga pernah kuliah dan jarang ngerjain tugas.. bisa cerita tentang kampus kamu yang birokrasinya jelek tapi kamu sering dapet beberapa beasiswa.. cerita tentang kamu dapet temen kampus yang biasa aja tapi pinter.. cerita kalau kuliah kamu membosankan tapi kamu berprestasi.. dan tetep diinget.. harus pamer dengan sederhana dan diawali dengan hal-hal yang jelek, diakhiri dengan kehebatanmu.


2. temen

kalau kamu ga punya prestasi bagus bagus banget di kampus, kamu bisa pamerin tentang temen dan pertemanan kamu sekarang. Sejak kamu pisah dari teman lama kamu, kamu bisa cerita tentang anehnya temen-temen kamu sekarang yang norak tapi kaya-kaya. Kamu bisa cerita juga tentang temen-temen kamu yang punya ini itu anu dan nganu.. cerita temen yang kalo ke kampus pake traktor quick.. cerita punya temen yang operasi plastik, yang blicing, yang suntik botok.. bisa botok petai cina atau botok ayam.. ceritain pertemanan kamu yang sederhana tapi tetap dalam kemewahan dan keasikan yang dulu ga pernah kamu rasain pas sama temen lama.. ceritain temen kamu yang sering liburan ke iceland, kanada, luxemburg.. intinya ceritain kalo derajat pertemananmu yang sekarang lebih mulia dan asik.. tapi tetep sederhana dan merendah ya..

3. piknik

Sekarang nih lagi jamannya banget, lagi in in nya, orang pamer piknik, baik pamer piknik naek gunung, ke pantai perawan (maw dong), ke luar negeri, ke desa yang peradabannya masih cebok pake daun jati, dan banyak lagi yang laen. Ini juga bisa dimanfaatin, gaes! Diawali dengan percakapan " pernah ke -suatu tempat- ga? katanya bagus banget loh!" maka mulailah cerita pamer kamu dengan "iya.. aku sih pernah kesana.." nah lanjutkan dengan pengalaman pengalaman eksotis nan menakjubkan saat kamu piknik. Permainan bahasa dan ekspresi sangat dibutuhkan dalam kategori piknik ini, tak lupa kamu bisa mengadakan sesi pamer foto tentang keindahan alam. Jangan lupa!! bilang "ah.. ga terlalu mahal ongkosnya, cuma xxxx aja udah bisa berangkat" sehingga dipandang sebagai traveler yang sederhana dan strugle. Pamerin juga alat-alat piknikmu yang "murah" tapi mereknya keren.

4. fesyen

Nah, kalo yang ini sih biasanya yang paling jago pamer ya cewek, tapi sekarang ga dikit juga cowok yang pamer fesyennya. Diawali dengan "kok sekarang keliatan beda.." maka mulailah cerita pamer kalian dengan "ah engga kok.. ini cuman.." niscaya dengan kalimat itu kalian dilancarkan dalam hal pamer. Pamer fesyen ini luwes dan tidak mengikat, bisa hanya pamer rambut aja, rok aja, tas aja, atau bisa semuanya. Kalau cowok lebih ngabahas sepatu sih, tapi bisa juga yang laennya. Boleh juga pamer tentang treatment perawatan rutin kalian, dengan membanding bandingkan rumah kecantikan satu dengan lainnya. Harga perawatan boleh mahal, namun haruslah diawali dengan, "murah kok.. cuman xxx udah dapet xxxx". Pengetahuan yang luas tentang online shop, baik di instagram maupun fb juga bisa dipamerin, dengan awalan "aku sih biasanya beli di..". Kata kunci utama dikategori ini adalah "murah kok" dan "cuman", kalau kalian mahir menggunakan dua kata kunci tersebut, niscaya dilancarkan oleh tuhan.

nah, itu dulu deh tips pamer untuk event buka bersama dengan teman lama yang bisa saya bagikan. 4 hal itu tentunya sudah pernah saya coba dan hasilnya alhamdulilah, bisa pamer namun tidak terlihat sombong dan tetap sederhana. Selamat bertemu dengan teman-teman lama dan selamat pamer! :D