Tuesday, 13 May 2014

Life Achievement Unlock: Naptol Jeans Sendiri

Apakah celana jeans anda sangat rebel dan punk sehingga warna tampak mbladus (baca: pudar)? Apakah hal itu menyebabkan pergaulan sosial anda menurun? tidak punya teman, tidak punya pacar, tidak bisa menjalin hubungan yang lebih intim?

Naptol solusinya!

Naptol jeans adalah mewarnai ulang jeans anda dengan teknik celup-rebus (teknik ini saya patenkan, catat). jika ingin praktis maka saudara hanya perlu datang ke tukang jahit untuk minta naptol jeans, tapi tidak semua tukang jahit mau sih, atau dibawa ke tukang naptol. silahkan cari didaerah anda.

Namun, salah satu pencapaian hidup adalah bisa menaptol celana jeans sendiri, maka dari itu saya menaptol celana jeans saya sendiri beberapa hari yang lalu. Saudara ingin mencoba? Nah, saya share disini cara-caranya dengan pengalaman saya sendiri yang sudah berkecimpung di dunia per naptolan selama.... 2 hari. (okay)

Persiapkan alat dan bahan:
- Celana jeans yang ingin di naptol, sudah dicuci bersih.
- Serbuk wantex (beli di pasar atau di toko tekstil)
- garam 2 sendok teh
- Panci atau dandang (orang Ukraina lebih prefer pakai dandang)
- Air putih mentah (3 liter)
- Ranting kayu sebagai pengaduk
- Kompor yang bisa dipakai dengan oke

Cara:
- Persiapkan 1 serbuk wantek, saya pakai merek Padi Gunting, murah bingits 3rb-5rb tergantung nilai dollar di daerah anda

- Siapkan jeans yang akan dinaptol (nampak mbladus bingits bukan?)

- Rebus 3 liter air dalam panci hingga mendidih lalu masukkan 2 sendok teh garam (biar lebih sedep, tapi ini serius loh)


- Masukkan serbuk wantex, kemudian aduk hingga tercampur

- Masukkan jeans hingga tercelup semuanya


bolak-balik jeans hingga semua tercelup dan lakukan terus selama 30 menit - 1 jam dan kecilkan api kompornya. pokoknya sampe well. kalau kurang lama nanti warna kurang menyerap, kalau kelamaan nanti bahan jeansnya jadi tape.



- Setelah itu tiriskan jeans ke dalam ember dan tunggu hingga suhu normal.
- Cuci jeans perlahan dengan air (tanpa sabun)
- Jemur jeans di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari
- Kalau sudah kering.. voila! warna jeans kembali keren wow wow wow


Guaaampang to rek? Ayo coba sendiri menaptol jeans kamu! Wantex bisa digunakan juga untuk mewarnai kaos dan kain lainnya. Yang saya share ini nyata dan saya lakukan sendiri loh.. keren nggaa? (nggaaaaa....)

Selamat mencoba!